,

Manajemen Hubungan Pemasok dan Dasar-dasar Permintaan

Two businessmen sign a cooperation agreement. successful business concept Premium Photo

Dasar-dasar Permintaan
Mulai dari tingkat individu dan dibahas lebih dalam di artikel kedua kamidalam seri ini, ini adalah penyegar yang baik apakah Anda baru mengenal procurement management atau seseorang yang lebih berpengalaman mencari konsep baru. Menurut survei NASPO, lima taktik ajakan penawaran yang paling umum meliputi: undangan untuk menawar (IFB), permintaan proposal (RFP), RFP multi-langkah, pengadaan kooperatif, juga dikenal sebagai pengadaan konsorsium, dan pengadaan sumber tunggal. Meskipun ada keadaan di mana Anda mungkin harus bergantung pada pengadaan sumber tunggal, procurement management menempatkan prioritas pada lingkungan yang kompetitif untuk permintaan penawaran penawaran. Hal ini memungkinkan keragaman bisnis, menghindari monopoli, dan mendorong bagian ekonomi tertentu untuk tumbuh sejalan dengan inisiatif pemerintah, seperti sektor energi hijau atau bisnis yang beragam.

Komunikasi dengan pemasok dan pemasok potensial, seperti permintaan informasi (RFI), dapat membantu sebelum atau selama penerbitan RFP, dan komunikasi dapat dilakukan tanpa terlihat tidak pantas, selama aturan tertentu ditetapkan. Praktik terbaik untuk proses permohonan tawaran meliputi:

Penelitian. Ini memungkinkan Anda untuk mendorong persaingan dengan menemukan potensi hambatan bagi perusahaan. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengetahui apa yang mungkin dan opsi apa yang tersedia.
Penyebaran informasi. Selain dari kebutuhan akan transparansi, semakin mudahnya sebuah permintaan penawaran, semakin banyak bisnis yang dapat bersaing untuk itu, memberi Anda kesepakatan terbaik.
RFP berbasis solusi. Memberi tahu pemasok apa hasil akhirnya daripada prosesnya memungkinkan lebih banyak dari mereka untuk bersaing dan menjadi kreatif, sambil menghemat waktu Anda dan penyesuaian ekstra di masa mendatang.
Perundingan. Ini juga menghemat waktu dan penyesuaian, sekaligus membiarkan pemasok memberikan solusi yang lebih kreatif dan khusus kepada Anda setelah mereka memahami proyek tersebut. Pada saat yang sama, hal itu menguntungkan hubungan.

Manajemen Hubungan Pemasok
Permintaan penawaran dapat menjadi langkah pertama dalam membangun hubungan pemasok yang kuat, tetapi hubungan ini paling baik dikelola dengan rencana manajemen hubungan pemasok (SRM) jangka panjang yang jelas, seperti yang dijelaskan dalam artikel ketiga kami dalam seri ini. Rencana SRM, di mana manajemen kontrak merupakan bagian penting, adalah konsep yang agak baru dalam procurement management, tetapi rencana tersebut dengan cepat diadopsi dari sektor swasta berkat berbagai manfaat yang mereka tawarkan, termasuk penghematan nilai, biaya, dan hal-hal yang tidak berwujud. Praktik terbaik SRM meliputi:

Pemasok stratifikasi. Menilai pemasok berdasarkan kriteria penting dan kinerja masa lalu memungkinkan Anda mengalokasikan sumber daya ke perusahaan yang akan memberi Anda nilai yang lebih baik. Ini juga memotivasi vendor pada skala yang lebih rendah untuk meningkatkan.
Jelas dan konsisten. Ini penting baik secara internal maupun eksternal. Secara internal, kejelasan memungkinkan karyawan untuk menjalankan peran mereka tanpa tumpang tindih atau kebingungan. Secara eksternal, ini melindungi pihak pengadaan dan vendor untuk mengatur hubungan bersama dengan penghargaan dan tindakan disipliner.
Mempertimbangkan sisi pemasok. Mencari situasi yang menguntungkan baik pihak pengadaan maupun pemasok dan meminta umpan balik di akhir proyek dapat menghilangkan hambatan, membuat hubungan lebih lancar, dan meningkatkan kinerja pemasok.
Seperti inisiatif lainnya, program SRM mungkin menghadapi tantangan seperti kurangnya keterampilan, uang, atau kejelasan. Namun, solusi seperti pelatihan lintas departemen, bersikap vokal dan jelas tentang nilai program, dan tujuan dan rencana yang jelas dapat membantu mengatasi kesulitan ini.

About admin

Leave a Comment

Previous

Jasa Backlink Pyramid Murah Berkualitas Di Tegal Waru

Jasa Backlink Pyramid Murah Bermutu Di Rajadesa

Next